Rabu, 19 November 2008

Gigi Bungsu Yang Menyakitkan

Baru sekali ini ngrasain sakit gigi bro.... setelah check up ke dokter hasilnya gigi bungsu gua tumbuhnya miring, ama dokternya gua disaranin foto rontgen untuk ngliat tumbuhnya gigi gua. Sebenarnya yang bikin gua penasaran knapa baru umur segini ngerasian sakit gigi kok ga dari dulu2 gitu loohhhh.... ( kl emang mo dicabut kan mungkin agak gampangan kl umurnya masih muda).
Setelah keluar hasil rontgennya si dokter bilang kamu harus operasi untuk mengangkat gigi yang tumbuhnya miring ga bs cuman cabut kyk gigi biasa... alamak gua bilang, denger kata2 operasi aja udah ngeri bro.... dan dokter bilang kl gigi sebelahnya juga udah kena karena didorong ma si bungsu ini.
biar lebih jelasnya mungkin ada perlunya mengetahui siapa dan mengapa sih gigi bungsu sering membuat orang puyeng mikirinnya ( heehehe. kyk lagu aja ).
Gigi bungsu adalah gigi geraham terakhir baik pada rahang atas atau rahang bawah. Bila jumlah gigi normal, manusia mempunyai jumlah gigi sebanyak 32 buah termasuk gigi bungsu. Gigi bungsu merupakan gigi geraham, dimana pada satu sisi rahang kita mempunyai 3 buah gigi geraham dan gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga (third molar). Karena gigi ini tumbuh setelah melewati usia remaja (berkisar antara 18 sampai 25 tahun) maka dalam literatur berbahasa Inggris gigi ini sering disebut wisdom teeth. Gigi bungsu sering menimbulkan masalah karena biasanya gigi ini tidak bisa muncul sempurna menempati tempatnya atau malah terpendam sama sekali. Gigi bungsu yang tidak muncul sempurna atau terpendam (impaksi) adalah gigi yang tidak bisa erupsi (keluar) menempati tempatnya dalam lengkung rahang yang diakibatkan terhalang oleh jaringan lunak atau tulang yang keras, atau oleh gigi tetangganya pada saat waktunya gigi tersebut harus erupsi. ( saduran bro... )
Kalau gigi udah begini bisa nyebabin banyak masalah bro kepala sering sakit kayak migrain gitu, radang dusi bahkan kata dokter bisa nyebabin kista rahang .
Dari penjelasan dokter tadi yang memaksa gua untuk operasi gigi, yang perlu waktu seminggu buat ngambil keputusan. Gua operasi hari senen yang sebelumnya direncanain hari sabtu diundur karena gua ragu2 & dokter perlu waktu 45 menit buat nyabut gigi gua. Dan anehnya itu yang operasi gigi gua bukan dokter yang konsultasi ma gua tp dokter laen yang gua juga ga kenal.. (wah jgn2 dokter yg konsultasi ma gua ga berani nih... alamak). sampe tulisan gua bikin 2 hari setelah operasi masih terasa sedikit sakit, apalagi bengkak pipi kiri. hari ketiga rencana mau kontrol ke dokter lagi, setelah itu Insya Allah terbebas dari masalah gigi.
Share This Article


3 komentar:

  1. wah yg namanya sakit gigi mmg ga ada ngalahin rasa sakit nya deh...mudah2n pengalaman jg buat yg lain, kl yg namanya sakit gigi jgn di tunda2 ke dokternya sebelum tambah meradang n kena ke yg laen2...hehehehe

    BalasHapus
  2. eh.. gimana ya rasanya cabut gigi?

    Seram-kah?

    Aku belum berani.... :-(

    http://ummul-orthodonti.blogspot.com/

    :-)

    BalasHapus
  3. kl ngomong sakit sih pas nyabutnya ga sakit.
    tipsnya sih cuman jgn sampai telat obat.... gitu aja sih

    BalasHapus