Rabu, 19 November 2008

Mengenal Viral Marketing Sebagai Sistem Pemasaran Baru

Mungkin istilah pemasaran ini masih baru di banyak kalangan, viral marketing sendiri merupakan suatu proses penyebaran suatu produk atau jasa dengan memberikan imbalan kepada konsumen, bila ia merekomendasikan kepuasan produk kepada konsumen berikutnya, tanpa ada kewajiban melakukan penjualan produk, tanpa ada kewajiban membina jaringan organisasi pemasaran. Viral Merketing sebenarnya menyerupai Multi Level Marketing yang merupakan perkembangan dari direct selling.
Kalau dianalogikan di dunia nyata, viral mirip dengan word of mouth. Kita mendengar dari teman kalau pisang goreng toko A itu enak. Tentunya kita ingin mencobanya. Saat kita rasakan pisang goreng itu benar-benar enak, tentu kita referensikan pisang goreng itu ke teman-teman kita lainnya. Mirip gosip, info enaknya pisang goreng toko A pun menyebar. Seperti itulah viral, hanya saja bedanya, konteks viral menggunakan fasilitas teknologi.Umumnya pengiriman viral dimaksudkan untuk mengenalkan penerima e-mail atau SMS pada produk baru atau program baru dari suatu brand. Terkadang pesan disampaikan langsung, terkadang penerima e-mail diminta untuk masuk ke website tertentu untuk mengenal produk atau program baru itu lebih jauh. Bisa saja saat ia masuk ke website, ia pun diminta untuk menyebarkan informasi ini ke e-mail rekan-rekannya. Selanjutnya, rekan-rekannya akan menerima e-mail serupa seperti yang diterimanya, yang mengajak mereka untuk mengunjungi website tersebut.
Salah satu contoh website yang mengklaim bahwa web itu mampu menarik pengguna internet di indonesia adalah dynasis, yang merupakan salah satu web yang sistemnya menggunakan viral marketing dimana untuk mendaftar secara gratis dengan dikasih web replika yang bertujuan untuk mempermudah anggotanya untuk melkukan promosi pemasaran. Dynasis ini adalah Program pemasaran yang paling banyak dibicarakan orang akhir-akhir ini adalah program Viral Marketing. Ini adalah program unik, dahsyat dan sangat ampuh digunakan dalam bisnis apapun yang memiliki produk pembelanjaan berulang (Repeat Order). Semboyannya : Let's Your Customer Do Your Marketing. Inilah program cult marketing abad ini.
Sebenarnya kehadiran Viral Marketing ini berawal dari kejadian hidup sehari-hari yang sering kita lakukan. Kita selalu menceritakan apa yang kita alami baik hal negatif atau positif. Ketika kita habis menonton film yang bagus, kita pasti akan bercerita kepada teman teman kita tentang kedahsyatan film tersebut. Sehabis makan bakso yang enak, kita cerita juga kepada teman-teman. Sehabis berbelanja di sebuah toko yang memberikan diskon, kita pun bercerita kepada teman-teman. Alasannya, agar teman-teman kita juga merasakan apa yang kita nikmati. Lalu apa yang akan diberikan perusahaan kepada kita? Tentu tidak ada bukan? Bahkan ucapan terimakasih saja tidak.
Nah disinilah program Viral Marketing akan menyiasatinya secara cerdik. Selalu ada bonus dan reward bagi setiap konsumen yang berhasil menceritakan keunikan perusahaan dengan programnya ini dan berhasil mengajak teman-temannya menjadi konsumen setia di perusahaan tersebut. Website ini juga mempunyai program yaitu Tell Your Friends Reward Program, maka keuntungan yang akan ada dapatkan adalah : Anda akan mendapatkan bonus Cash Back 6 % BV, dari setiap Transaksi Isi Pulsa yang dilakukan oleh downline anda sampai kedalaman 10 Level.

Sebagai gambaran : Misalnya anda telah memiliki 1 downline ( si A ) - Nah, jika si A ini melakukan pengisian pulsa melalui HP nya sendiri, maka anda sebagai Upline akan mendapatkan Reward Cash Back 6 % BV.
Misalnya BV nya Rp. 1000,- maka setiap kali Downline anda melakukan Isi Ulang Pulsa, maka anda akan mendapatkan Cash Back : Rp 60,-
Anda akan mendapatkan Reward Cash Back 6 % BV sampai dengan kedalaman 10 Level.
Jadi misalnya seperti ini : Perhatikan ilustrasi Gambar diatas. Katakanlah anda cuma mereferensikan 1 orang saja. Begitupun dengan downline anda, mereka juga cuma mereferensikan 1 orang saja. Jadi sampai kedalaman 10 Level hanya akan ada 11 orang. Anda sebagai Level 0, dan 10 orang lagi sebagai downline di jaringan anda. Jika masing masing ( termasuk anda ) mengisi pulsa dengan nominal Rp 50.000,- dan BV nya Rp 1000,- maka keuntungan yang akan anda dapatkan adalah :
- 10 % X Rp 1000,- = Rp 100,- ( Bonus dari TRX L0 [ Pribadi ] )
- 6 % X Rp 1000,- = Rp 60,- lalu dikalikan 10 = Rp 600,- ( Bonus dari TRX L1 s/d L 10 )
- Maka Total bonus anda adalah : Rp 100 + Rp 600 = Rp 700,- ( Kok Dikit Amat Ya )
Ya jelas saja, kan masing masing cuma mereferensikan 1 orang, padahal Dynasis sama sekali TIDAK MEMBATASI jumlah downline yang anda referensikan, jadi sebenarnya anda boleh mengajak teman teman anda SEBANYAK - BANYAK nya, biar bonusnya juga jauh lebih besar.

Contoh 1 : Mereferensikan 3 Orang Teman.
- Setiap Member hanya mereferensikan 3 orang saja (sebetulnya tidak dibatasi).- Tiap member hanya melakukan 1 kali Trx/bln, dgn nominal sebesar Rp 50.000,-/orang.- BV (Business Value) sebesar Rp 1.000,-/Trx.- Bonus Trx Level-1 s/d Level-10 (6% BV) = Rp 60,-.- Bonus Trx Level-0 (pemakaian pribadi) diabaikan.- PERHATIAN : Maksudnya diabaikan HANYA untuk memudahkan kalkulasi penghitungan.
Maka TOTAL bonus yang anda terima setelah bulan ke-10 adalahRp 5.314.320,-
Karena Dynasis tidak membatasi jml member tiap level ( Unlimited ) maka bisa dipastikan bonus anda bisa jauh lebih besar
Ingat : Contoh disamping hanyaASUMSI saja, jadi jangan dijadikan acuan sebenarnya.

Contoh 2 : Mereferensikan 5 Orang Teman.
- Setiap Member hanya mereferensikan 5 orang saja (sebetulnya tidak dibatasi).- Tiap member hanya melakukan 1 kali Trx/bln, dgn nominal sebesar Rp 50.000,-/orang.- BV (Business Value) sebesar Rp 1.000,-/Trx.- Bonus Trx Level-1 s/d Level-10 (6% BV) = Rp 60,-.- Bonus Trx Level-0 (pemakaian pribadi) diabaikan.- PERHATIAN : Maksudnya diabaikan HANYA untuk memudahkan kalkulasi penghitungan.
Maka bonus yang anda terima setelah bulan ke-10 adalahRp 732.421.800,-
Karena Dynasis tidak membatasi jml member tiap level ( Unlimited ) maka bisa dipastikan bonus anda bisa jauh lebih besar
Ingat : Contoh diatas hanyaASUMSI saja, jadi jangan dijadikan acuan sebenarnya.
Viral Marketing digunakan untuk memberikan kesempatan kepada konsumen guna mendapatkan rupiah. Karena saat ini sebagian besar yang menikmati rupiah dari iklan hanya Media cetak dan elektronik. Konsumen hanya ikut menikmati hasil dari iklan/promosi kalau produsen mengadakan undian dan inipun hanya beberapa orang saja yang memenangkan.
Dan menurut saya tidak ada salahnya mencoba sistem viral marketing ini, itung2 gratis untuk pendaftarannya.
terima kasih & selamat mencoba.
Share This Article


Tidak ada komentar:

Posting Komentar